Kamis, 01 Agustus 2013

Cita-citanya apa?

Cita-citanya apa? Pertanyaan yg semenjak SD pasti ditanyain sama guru kelas kalau lagi masa-masa perkenalan, atau hal yg harus diisi waktu disodorin isian biodata buat koleksi temen, atau biodata buat kita sendiri, dan selalu ada di urutan hampir akhir sebelum motto, hahaha..
dan biasanya anak SD (jaman dulu), profesi itu taunya Cuma 3, dokter, pilot, sama guru.. dan rating tertinggi jawaban anak SD adalah dokter. Tapiii, mungkin, aku adalah satu-satunya anak atau kaum minoritas yg nggak pernah menjawab dokter buat jadi cita-citaku. Dokter itu emang oke, tapi enggak buat aku -,- Dokter itu ribet, ini menurutku lho yaa :D Biasanya lagi, anak SD, nggak Cuma SD sih, tapi SMP bahkan SMA juga sama aja, kadang labil banget, gonta-ganti cita-cita, tapi nggak papa, itu normal kok :)

Diantara banyak banget anak yg gonta-ganti cita-cita, pasti ada anak2 yg jarang banget atau bahkan nggak pernah ganti cita-citanya, salah satunya, AKU.
Yap, dari merah-putih sampe putih abu-abu, kalau aku ditanyain cita-cita pasti akan jawab ARSITEK..

Pas SD, tanpa alesan kenapa aku slalu njawab arsitek setiap ditanyain ‘cita-citanya apa’ atau ‘besok gede pengen jadi apa’, cumaaa arsitek terlihat keren aja, soalnya temen2ku kebanyakan jawabnya dokter, hahaha..

Pas SMP, udah ngerti perspektif, udah ngerti nggambar pake titik hilang, dll, dan itu susah. Aku akuin banget, itu susah, tapi aku ngrasa seneng aja, walaupun sering banget bundaku banyak mbantuin bikinnya daripada aku bikin sendiri :D Sebenernya, dari SMP udah mulai kebayang gimana arsitek itu nantinya, tapi sejauh itu belum ada rasa pengen mundur atau pengen ganti cita-cita..

Nah, masa-masa SMA, apalagi kelas 12, emang bener2 kayak pemantapan hati gitu, tetep mau jadi arsitek, atau ganti sesuatu hal yg lain, teknik sipil. Arsitek itu cita-citaku masa kecil, sedangkan teknik sipil itu cita-citaku yg tiba-tiba dan disitu ada impian banyak orang.. Inilah nggak enaknya di keluarga besar nggak ada yg sebaya, dan dikenal banget sama orang2 bimbel yg nggak punya anak sebaya sama aku, kalaupun ada, pasti anaknya itu IPS bukan IPA -,- Jadi, kayak melampiaskan cita-cita mereka ke aku, dan diharapkan aku akan mengikuti saran mereka, terus mereka akan bangga banget kalau aku bisa nglakuin itu -,-

‘Cik, besok kuliah pengen mana?’ ‘Pengennya arsitektur om’ ‘Teknik sipil ITB aja, dulu om wa**u pengen masuk sana tapi nggak lolos, nek kamu mesti lolos’..
‘Wah sing calon dokter..’ ‘kok dokter to pak, wong nggak pengen dokter og’ ‘halah, dokter wae, apik kok’..

Kayak gitu itu lah misalnya -,- Setelah banyak orang usul biar aku masuk teknik sipil, dan ada tugas perspektif yg bikin mumet, aku nyerah juga, move on lah aku dari arsitektur ke teknik sipil. Fyi, dulu ada seorang mahasiswa bilang ke aku ‘kalau kamu lebih suka gambar, mending arsitektur, tapi kalau kamu lebih condong suka itung-itungan, teknik sipil aja. Kan mereka berhubungan, nggak beda-beda jauhlah’. Tapi, sejujurnya, masih ada rasa pengen ke arsitektur. Akhirnya, nggak cuma SNMPTN, tapi juga SBMPTN, dipilihanku pasti ada teknik sipil sama arsitektur..

Dan bersyukur banget, waktu pengumuman SBMPTN, aku lolos di pilihan kedua, ARSITEKTUR UNS! Tempat dimanapun buat aku nggak masalah, tapi jurusan itu penting, hahaha.. Alhamdulilah, nggak nyangka. Mungkin ini jalan terbaik. Tapi, kesenengan itu nggak berlangsung lama, waktu sodara2 nelpon, kebanyakan dari mereka tanyanya ‘kalau teknik sipilnya yg UM lolos, mau milih mana, tetep arsitektur apa ngambil teksipnya?’ Nah lhooo, seketika bingung juga -,- dan sampe sekarang juga masih agak bingung, tapii bener kata omku ‘dilihat aja nanti hasilnya gimana, sekarang syukuri yg ada dulu :)’

Yap, beberapa hari yg lalu, udah pengumuman UM UGM, dan begitulah hasilnya, alhamdulilah lolos, tapiii tidak sesuai keinginan, akhirnya mantapkan hati di arsitektur :) Kan ini juga cita2ku :D
So, apapun pilihan kalian, jalani dengan senyumaaaan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar